Beredar Video PKI Latihan, Hoax! Bukan di Indonesia

Bismillah, dengan niat ibadah karena menunaikan perintah Allah SWT sebagaimana dalam Surat Al-Hujarat: 6, maka kami akan kembali menyampaikan hasil tabayyun kami.

Di media sosial beredar sebuah video yang di dalamnya berisi pasukan bersenjata sedang melaksanakan latihan. Dalam video tersebut nampak simbol-simbol PKI.

Video tersebut menampilkan wajah-wajah seperti wajah orang Indonesia. Dengan latar pegunungan yang bagi orang Indonesia memang seperti tidak asing.

Screenshoot video hoax PKI 1 
Screenshoot video hoax PKI 2

Screenshoot video hoax PKI 3

Screenshoot video hoax PKI 4

Screenshoot video hoax PKI 5

Namun setelah kami telusuri menggunakan sistem kami, ternyata video yang disebar-sebarkan tersebut bukan video PKI di Indonesia. melainkan sebuah penggalan video dari pasukan NPA (New Peoples Army) di Filipina. NPA merupakan gerakan komunis di Filipina. Organisasi ini dikelompokan sebagai organisasi teroris oleh pemerintah Filipina.

Berikut ini link asli dari video yang katanya Partai Komunis Indonesia (PKI) bersenjata sedang berlatih. Di menit ke 1:40, terdapat penggalan video yang dijadikan bahan hoax dan disebarluaskan di masyarakat:


Dikutip dari Wikipedia, NPA (New Peoples Army) merupakan sayap bersenjata Partai Komunis Filipina (Communist Party of the Philippines).

Organisasi ini dibentuk dan didirikan oleh Bernabe Buscayno, yang berjulukan "Komandan Dante", dan Lucio Manlapaz pada tanggal 29 Maret 1969. Organisasi beraliran Maois ini melakukan perlawanan gerilya bersenjata berdasarkan garis strategi "perang rakyat yang berlarut-larut". Angkatan Darat Filipina memperkirakan kekuatan Tentara Rakyat Baru mencapai 3.200 milisi pada akhir tahun 2015.

0 Response to "Beredar Video PKI Latihan, Hoax! Bukan di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel