Type something and hit enter

author photo
By On
Warga Nahdlatul Ulama di Bandung Barat

Warga Nahdlatul Ulama di Bandung Barat akan mengadakan kegiatan silaturahmi pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017.  Bagi umat islam di Bandung Barat yang mencari informasi seputar kegiatan sarasehan tersebut, berikut kami sampaikan hasil wawancara singkat kami dengan panitia Sarasehan Nahdliyyin Bandung Barat:

Apakah Benar Akan Dilangsukan Kegiatan Sarasehan Nahdliyyin Bandung Barat?
Ya, benar. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017 mulai pukul 08.00 WIB. Lokasinya bertempat di Pondok Pesantren al-Ghuroba Sindangkerta.

Apa Tujuan Dilaksanakannya Sarasehan Nahdliyyin Bandung Barat tersebut?
Ada dua agenda utama. Pertama, guna mempererat silaturahmi dan meneguhkan ukhuwwah islamiyyah-nahdliyyah di kalangan warga nahdliyyin serta kalangan pesantren-pesantren yang ada di Bandung Barat. Dan yang kedua adalah untuk memperkuat fondasi nilai, semangat, gagasan, dan cita-cita warga Nahdlatul Ulama di Bandung Barat.

Bagaimana Gambaran Kegiatannya?
Kegiatan ini akan dihadiri oleh berbagai unsur warga Nahdliyyin. Baik unsur organisasi, lembaga maupun masyarakat.

Nantinya akan diadakan kegiatan bincang-bincang diantara para warga nahdliyyin. Panitia juga akan menghadirkan beberapa pembicara untuk lebih memfokuskan topik bahasan yang pastinya akan bermanfaat dan menarik untuk disimak.

Di media sosial, ada yang meragukan independensi kegiatan ini. Ada yang mengira kegiatan ini tidak lepas dari kepentingan lain. Misalnya politik. Bagaimana tanggapan panitia?
Kegiatan ini murni untuk kemaslahatan Nahdlatul Ulama dan umat. Kami berangkat dari keresahan. Dari panggilan hati untuk berkontribusi menebar kebaikan dalam menyikapi fenomena-fenomena yang akhir-akhir ini banyak terjadi. Khususnya terkait keislaman, kebangsaan dan kerukunan. Juga untuk bekal gerakan Nahdliyyin di Bandung Barat. Sebab kita punya kultur, tradisi dan jati diri yang perlu dijaga. Kita tidak ingin ada warga nahdliyyin yang melenceng dari fikrah, harokah dan amaliah Nahdlatul Ulama itu sendiri. Kita tidak ingin ada warga Nahdliyyin yang tergelincir akibat propaganda dan penggiringan opini yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Maka, mengurus "rumah besar" para ulama ini adalah tanggung jawab bersama.

Adapun kecurigaan terkait adanya kepentingan lain semisal politik adalah sesuatu yang kami maklumi. Terlebih Bandung Barat saat ini sedang memasuki masa-masa politik. Tapi kami mohon kepercayaan dari seluruh warga Nahdliyyin. Acara ini didasari, digagas dan didanai oleh swadaya warga nahdliyyin semata. Tidak ada kepentingan lain diluar kemaslahatan nahdlatul Ulama.

Apa yang ingin disampaikan untuk acara Sarasehan Nahdliyyin Bandung Barat nanti?
Sudah saatnya nahdliyyin Bandung Barat ngobrol dan duduk bersama. Sambil ngopi pula. Bagi para Nahdliyyin yang tidak berhalangan, kami mengharapkan kehadirannya.**(rm)
Post a Comment
Click to comment