Type something and hit enter

author photo
By On
Bulan Ramadhan Tiba, Yuk Ngaji ke Pesantren!

Dakwah.web.id ~ Alhamdulillah, bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Rasanya, alangkah romantisnya bila admin mengucapkan:

ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻛﺮﻳﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ
"Selamat memasuki bulan Ramadhan untuk semua.."

Alangkah bergembiranya kami, dan memang sudah selayaknya kita semua pun bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan. Sebab sebagaimana maklum, keromantisan ibadah kita di bulan Ramadhan akan berlimpah. Tentunya sejalan bagi mereka yang mau melaksanakan amal baik dan melakukan segala sesuatu yang positif.

Memasuki bulan Ramadhan, khususnya bagi kebanyakan orang, biasanya aktifitas kerja, sekolah, dan lainnya menjadi dikurangi. Apalagi pemerintah dan banyak instansi lainnya memberikan banyak hari libur di bulan Ramadhan. Bahkan, sebagian justru meliburkan sepenuhnya kegiatan kerja agar kaum muslimin bisa fokus beribadah di bulan Ramadhan.

Nah, kebetulan.. Bagi yang tidak tinggal di pondok pesantren, atau yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya nyantri dan ingin mengisi Ramadhannya dengan kegiatan positif dan ibadah, maka coba lirik-lirik pondok pesantren di sekitaran lingkungan kita. Biasanya, di bulan Ramadhan setiap pesantren mengadakan kegiatan kajian-kajian khusus. Semacam pesantren kilat dan pendidikan intensif selama bulan Ramadhan.

Sebagian pesantren ada yang mengadakan program tahfidz, qira'ah, tausyiah, kajian kitab kuning, dan masih banyak lagi. Namun kebanyakan biasanya program kajian kitab kuning dengan banyak varian bidang ilmu. Ada yang mengdakan pasaran kajian kitab kuning dengan budang ilmu fiqih, nahwu shorof, tafsir, tauhid, ushul fiqih, hadits, dan lain sebagainya. Banyak pokoknya.

Selain itu, program tadarrus al-Quran, shalat berjamaah, dan amaliyyah-amaliyyah positif pun menjadi bagian dari pembiasaan yang tentunya bikin gereget, sehingga kita tidak jemu melaksanakn kewajiban-kewajiban yang terkadang, jujur, suka agak berat. Namun, karena di pesantren dikerjakan berjamaah dan bersama-sama, semua jadi nampak ringan dan menyenangkan. Kita akan senantiasa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru di dalamnya.

Oleh karena itu.. Cobain deh, Ayo Mondok! Biar kekinian. Memiliki status muslim saja tidak cukup bila tidak disempurnakan dengan ilmu dan amalnya. Sebab, beribadah dan beramaliyah desungguhnya berdiri diatas fondasi-fondasi ilmu. Yuk, cari ilmunya! di pesantren kita bisa.

#AyoMondok! #PesantrenkuKeren!
Post a Comment
Click to comment