Type something and hit enter

author photo
By On
Relawan TIK Kota Tasikmalaya Gelar Festival Santri Galau IT

Dakwah.web.id ~ Pada hari kamis (7/4/16), ratusan santri dari berbagai pesantren di Kota Tasikmalaya berdatangan ke Pondok Pesantren Salalatul Huda Paseh Bojongsari Kota Tasikmalaya. Pasalnya, pada hari tersebut digelar sebuah event besar bernama Festival Santri Galau IT yang digagas oleh Relawan TIK (RTIK) bekerjasama dengan Kemkominfo, Pemkot Tasikmalaya, Komunitas Pegiat TIK dan Komunitas santri se-Kota Tasikmalaya.

Acara ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan penguatan dakwah islam melalui pemanfaatan IT secara positif, bijak, dan maksimal. Hal ini terlihat dari tema yang diangkat yakni: "Revolusi dakwah melalui TIK". Dimana, setelah digelarnya acara ini diharapkan semua peserta yang hadir dari kalangan santri dan pelajar mempunyai semangat kompetensi kuat untuk mampu bergiat dalam memanfaatkan internet sebagai media dakwah positif.

Adapun dalam teknisnya, seluruh peserta yang hadir diberikan materi Penguatan Konten Dakwah melalui TIK. Dilanjutkan dengan Lokakarya yang dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama bertema Pengelolaan Website Pesantren. Sedangkan sesi kedua bertema Tips dan Trik Jitu Menulis Berita dan Artikel serta Optimalisasi Sosmed.

Selain pemeberian materi dan lokakarya, dalam kegiatan ini turut digelar pula bazar, seni bela diri silat, serta seni musik islami dan sholawat.
***

Cat: Perlu diketahui, kegiatan-kegiatan seperti ini penting dilaksanakan di setiap daerah dan di setiap pesantren. Sebab, pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan islam tertua di Nusantara. Dimana berbagai macam disiplin ilmu keagamaan ada di lembaga pesantren. Sehingga diharapkan, pesantren kemudian mampu menyebarkan dakwahnya ke berbagai penjuru dunia melalui sarana media teknologi dan informasi. Dan ini harus dimulai dari penanaman dan penguatan kesadaran dimulai dari kalangan santri.

1 komentar:

avatar

makasih relawan TIK , ponpes sulalatul huda dan semua panitia...
acarany keren , walaupun lelah tpi mudah2n berbuah manis dan berguna bagi semua..
jihad santri dunia maya?. kenapa tidak.. :-)

Post a Comment
Click to comment