Type something and hit enter

author photo
By On

Dakwah.web.id, KISAH ~ Suatu ketika ada orang kafir yang kehilangan hewan tunggangannya. Lantas ia pun mencari kesana kemari selama tiga hari. Hingga dalam masa pencariannya, ia tiba pada serambi milik Syaikh Ahmad ar-Rifa'i dan terkapar kelaparan disana.

Kemudian datanglah Syaikh Ahmad ar-Rifa'i ra dan menyapanya,"Kulihat nampaknya engkau lapar?" Ujar Syaikh.

"Iya," jawabnya.

Kemudian Syaikh pun hendak memberikan makanan pada orang tersebut. Namun ternyata orang kafir tersebut adalah pribadi yang fanatik dan kental pada kekafirannya. Sampai-sampai ia enggan memakan roti yang telah diolah oleh seorang muslim. Sehingga Syaikh Ahmad kemudian memilih untuk membawakan air dan gandum untuk diolah sendiri oleh orang tersebut, "Silahkan kamu olah sendiri wahai saudaraku.." ujarnya.

Maka orang itu pun mengolah apa yang telah diberikan Syaikh Ahmad ar-Rifa'i. Selain itu ia pun memanggang ikan untuk kemudian dimakan.

Syaikh Ahmad ar-Rifa'i lantas bertanya, "dari manakah engkau?" Sembari membawakan tunggangan untuk ditunggangi orang tersebut.

Sehingga pada akhirnya, orang itu benar-benar melihat kemurahan hati, kebaikan, serta kasih sayang dari Syaikh Ahmad ar-Rifa'i maka ia pun menyatakan diri masuk Islam dengan mengucapkan:

ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
Artinya:
"Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

Hingga akhirnya orang tersebut pulang ke daerah asalnya. Dan ia menceritakan kisah ini, dan terus menceritakannya kembali. Sehingga pada suatu ketika ia datang kembali pada Syaikh Ahmad ar-Rifa'i beserta didampingi empat puluh ribu orang dari kaumnya yang juga telah masuk islam.
--------
***

Subhanallah. Semoga kita senantiasa mengambil hikmah dari kisah diatas, sehingga mampu menunjukan sikap santun dan ramah dalam menjunghung syiar islam yang rahmatan lil 'alamin.

Ditejemahkan oleh: Rifqi Marzooqie dari situs http://www.sunna.info/Lessons/islam_563.html

ﻗﺼﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺣﻤﺪ ﺍﻟﺮﻓﺎﻋﻲ ﻣﻊ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮ
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ . ﻳﺮﻭﻯ ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﻛﺎﻓﺮﺍ ﺃﺿﺎﻉ ﺩﺍﺑﺔ ﻟﻪ ﻓﺼﺎﺭ ﻳﺒﺤﺚ ﻋﻨﻬﺎ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﺣﺘﻰ ﻭﺻﻞ ﺇﻟﻰ ﺭﻭﺍﻕ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﻟﺮﻓﺎﻋﻲ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻓﺪﺧﻞ ﻭﺍﺭﺗﻤﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﺭﺽ ﻓﺄﺗﻰ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﻟﻪ: ﺃﺭﺍﻙ ﺟﺎﺋﻌﺎ ﻗﺎﻝ : ﻧﻌﻢ ﻭﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻣﻦ ﺷﺪﺓ ﻛﻔﺮﻩ ﻻ ﻳﺄﻛﻞ ﺧﺒﺰﺍ ﻋﺠﻨﻪ ﻣﺴﻠﻢ ﻓﺪﻋﻰ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻤﺎﺀ ﻭﻃﺤﻴﻦ ﻭﻗﺎﻝ ﻟﻪ: ﺍﻋﺠﻦ ﻓﻌﺠﻦ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺛﻢ ﺻﺎﺭ ﻳﺨﺒﺰ ﻟﻪ ﻭﻳﺸﻮﻱ ﻟﻪ ﺍﻟﺴﻤﻚ ﻭﻳﻄﻌﻤﻪ ﺛﻢ ﻗﺎﻝ ﻟﻪ : ﻣﻦ ﺍﻱ ﻧﺎﺣﻴﺔ ﺃﻧﺖ ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ . ﺛﻢ ﺩﻋﺎ ﻟﻪ ﺑﻤﺮﻛﻮﺏ ﻳﺮﻛﺒﻪ ﻓﻠﻤﺎ ﺭﺃﻯ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻜﺮﻡ ﻭﺍﻻﺣﺴﺎﻥ ﻭﺍﻟﺸﻔﻘﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﻟﺮﻓﺎﻋﻲ ﺃﺳﻠﻢ ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺛﻢ ﺫﻫﺐ ﺇﻟﻰ ﻧﺎﺣﻴﺘﻪ ﻭﺻﺎﺭ ﻳﻜﻠﻢ ﻫﺬﺍ ﻭﻳﻜﻠﻢ ﻫﺬﺍ ﺣﺘﻰ ﻋﺎﺩ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻗﺪ ﺃﺳﻠﻢ ﻣﻌﻪ ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺍﻟﻔﺎ ﻣﻦ ﻗﻮﻣﻪ
Post a Comment
Click to comment