Type something and hit enter

author photo
By On
Muslim Berdosa Akan Masuk Neraka Namun Tidak Kekal

Dakwah.web.id - Sahabat fillah, perlu kita ketahui, neraka adalah tempat yang abadi dan merupakan santapan bagi mereka yang mati dalam keadaan kafir. Allah SWT Berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَعَنَ الْكَافِرِينَ وَأَعَدَّ لَهُمْ سَعِيرًا
Artinya:
"Sesungguhnya Allah melaknati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka)." (QS. Al-Ahzab: 64).

خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۖ لَا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا
Artinya:
"mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak memperoleh seorang pelindungpun dan tidak (pula) seorang penolong." (QS. Al-Ahzab: 65).

يُرِيدُونَ أَن يَخْرُجُواْ مِنَ النَّارِ وَمَا هُم بِخَارِجِينَ مِنْهَا وَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيمٌ
Artinya:
“Mereka ingin keluar dari Neraka. Padahal mereka tidak bisa keluar darinya dan bagi mereka adalah azab yang abadi.” (QS. Al Maidah: 37)

Adapun umat muslim yang meninggal dalam keadaan iman namun pernah melaksanakan dosa, sejatinya mereka pun akan masuk neraka untuk mempertanggung jawabkan setiap kesalahan yang telah diperbuatnya. Mereka akan disiksa (dihukum) sesuai dosa yang telah diperbuat. Namun demikian, orang yang beriman tidak akan kekal tinggal di neraka. Mereka hanya tinggal sementara untuk sekedar melebur dosa sesuai perbuatannya. Selanjutnya dengan kasih sayang serta keutamaan dari Allah Yang Maha Pemurah, mereka akan dikeluarkan dari neraka dan diangkat ke surga. Kemudian akan mendapat syafa'at dari baginda Rasulullah tercinta.

Dari Abi Sa'id Al-Khudry, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

ﻳَﺪْﺧُﻞُ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ، ﻭَﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ، ﺛُﻢَّ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ : ﺃَﺧْﺮِﺟُﻮﺍ ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻲ ﻗَﻠْﺒِﻪِ ﻣِﺜْﻘَﺎﻝُ ﺣَﺒَّﺔٍ ﻣِﻦْ ﺧَﺮْﺩَﻝٍ ﻣِﻦْ ﺇِﻳﻤَﺎﻥٍ
Artinya:
Ahli surga akan masuk ke surga, ahli neraka akan masuk ke neraka. Kemydian Allah Ta'ala akan berfirman: "Keluarlah kalian, orang yang dalam hatinya terdapat keimanan seberat biji kacang.." (HR. Mutaffaq 'Alaih)

Imam Abu Hasan Al-Asy'ary -rahimaullah- mengatakan:

ﻗﺎﻟﺖ ﺍﻟﻤﻌﺘﺰﻟﺔ ﻭﺍﻟﺨﻮﺍﺭﺝ ﺑﺘﺨﻠﻴﺪﻫﻢ - ﻳﻌﻨﻲ ﺍﻟﻔﺴﺎﻕ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ - ﻭﺃﻥ ﻣﻦ ﺩﺧﻞ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻻ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻨﻬﺎ، ﻭﻗﺎﻝ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻻﺳﺘﻘﺎﻣﺔ : ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺨﺮﺝ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﺍﻟﻤﻮﺣﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ، ﻭﻻ ﻳﺨﻠﺪﻫﻢ ﻓﻴﻬﺎ " ﻣﻘﺎﻻﺕ ﺍﻹﺳﻼﻣﻴﻴﻦ 1/474
Artinya:
"Mu'tazilah dan khawarij berpendapat bahwa mereka (muslim yang berbuat fasiq) akan kekal (di neraka). Dan orang yang telah masuk neraka tidak bisa keluar lagi. Dan Ahlusunnah berpendapat, tegasnya: Sesungguhnya Allah akan mengeluarkan ahli kiblat yang bertauhid (muslim) dari neraka. Allah tidak mengkekalkan mereka di neraka," Maqolat Al-Islamiyyin (1/474).

***

Rifqi Marzooqie
Post a Comment
Click to comment