Mahasiswa PhD Indonesia Raih Penghargaan Terbaik di QUT Australia

author photo
Tri Mulyani Mahasiswa Indonesia

Dakwah.web.id - Indonesia patut berbangga dalam dunia pendidikan internesional. Pasalnya salah satu pelajar Indonesia bernama Tri Mulyani Sunarharum terpilih sebagai Mahasiswa Terbaik Tahun 2015 di Queensland University of Technology (QUT), Australia. Bahkan, ia merupakan mahasiswa internasional dan Indonesia pertama yang meraih penghargaan ini. Sekaligus juga sebagai mahasiswa PhD pertama yang meraih penghargaan ini.

Dalam wawancaranya bersama wartawan ABC Australia Plus Indonesia L. Sastra Wijaya, pada Selasa (9/6/2015), Tri Mulyani mengutarakan kebahagiaannya menerima penghargaan tersebut. Bahkan ia merasa kaget karena tidak menyangka akan mendapat penghargaan tersebut. “Saya terkejut bisa mendapat penghargaan tersebut. Tidak menyangka bahwa saya yang akan mendapatkannya. Masuk nominasi saja sudah bangga,”

“Saat mengetahui bahwa saya memenangkan awards ini, selain merasa surprise dan sangat bersyukur, jujur sesungguhnya saya juga merasa ada kebanggaan tersendiri sebagai Bangsa Indonesia,” ucar Tri Mulyani yang sebelumnya pernah menjadi asisten dosen di Universitas Brawijaya Malang ini.

Tri Mulyani yang saat ini akan menyelesaikan program pendidikan doktoral di bidang Urban dan Regional Planning di Fakultas Sains dan Teknik Queensland University of Technology (QUT) tersebut sangat bangga karena bisa turut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional melalui pendidikan. Menurutnya, hadirnya penghargaan ini bisa menambah perhitungan dari bangsa lain terhadap pelajar asal Indonesia.

“Ternyata sesungguhnya pelajar Indonesia juga bisa mendapat penghargaan bergengsi semacam
ini dan membuat nama bangsa lebih dikenal dan diperhitungkan oleh komunitas dan universitas di luar negeri,” tambahnya.

Ini merupakan kali kedua ia masuk nominasi sebagai mahasiswa teladan. Tahun sebelumnya ia pun sempat masuk.

“Tahun lalu saya sudah dinominasikan tetapi tidak menang. Tahun ini, ketika malam penyerahan penghargaan tanggal 2 Juni lalu, saya sudah mendapat penghargaan dalam kategori Student Leadership Excellence Award."

"Namun saya tidak menduga terpilih sebagai mahasiswa terbaik,” tambahnya. Untuk menjadi mahasiswa terbaik di QUT seseorang harus dinomasikan oleh pihak lain, dan Yani (27) dinominasikan oleh tiga pihak. "Saya dinominasikan oleh Alumni QUT Chapter Indonesia, salah seorang Staf QUT International
dan juga dari Fakultas Sains dan Teknologi,” lanjut Yani.

Hal seperti ini patut ditiru sebagai gerakan menuju pelajar Indonesia yang lebih baik. Khususnya di kalangan internasional. Karena betapapun negeri ini sangat membutuhkan para penerus bangsa yang cerdas.


***
Rifqi/Moslemforall.com

Tulisan ini memiliki 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post