Kumpulan Doa Mustajab Bagi Kesembuhan Orang Sakit

author photo
Doa Bagi Kesembuhan Orang Sakit

Dakwah.web.id - Seorang muslim harus peka terhadap berbagai kondisi. Termasuk kondisi yang ada dalam diri sendiri maupun kondisi yang ada disekitar. Bila ada saudara kita sesama muslim sedang sakit, maka kita dituntut untuk tenggang rasa, menjenguknya, lantas mendoakan untuk kesembuhannya. Rasulullah SAW bersabda

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ. وفي رواية: خَمْسٌ تَجِبُ لِلْمُسْلِمِ عَلَى أَخِيهِ: رَدُّ السَّلَامِ، وَتَشْمِيتُ الْعَاطِسِ، وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ، وَعِيَادَةُ الْمَرِيضِ، وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ
Artinya:
"Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada lima" -dalam riwayat lain- "Ada lima keharusan seorang muslim terhadap saudara muslimnya: Membalas salam, menimpali yang bersin, memenuhi undangan, menjenguk yang sakit, dan mengiringi jenazah"

Menjenguk dan mendoakan saudara sesama muslim saat ia sedang sakit adalah sesuatu yang sangat dianjurkan. Sebab banyak hikmah positive yang akan kita dapatkan didalamnya. Rasulullah SAW telah menganjurkan kita semua untuk senantiasa mendoakan terhadap saudara-saudara kita sesama muslim. Kita pun telah diwasiatkan untuk menjenguk mereka apabila mereka sedang sakit sebagaimana dalam hadits yang telah ditutur diatas.

Bahkan ulama-ulama muslim mengangkat derajat menjenguk orang yang sakit kedalam derajat wajib. Hal ini karena Allah SWT adalah Dzat yang Maha dekat dan Maha Menjawab terhadap doa-doa kita. Maka kita dituntut untuk tidak pelit dalam mendoakan kerabat dan sahabat-sahabat kita tercinta dikala mereka sedang sakit.

Sebab, kadang kala ketika kita menjenguk mereka saudara kita saat sedang sakit, maka kita membuatnya merasa tentram, merasa diperhatikan. Kita telah membantu meringankan rasa sakit yang mereka alami, membuatnya merasa bermakna. Dan kita pun senantiasa mendapat ridho Allah SWT, Insyaallah.

DOA-DOA KESEMBUHAN BAGI YANG SEDANG SAKIT

أذهب البأس ربّ الناس، واشف وأنت الشّافي لا شفاء إلّا شفاؤك شفاءً لا يغادر سقماً
Artinya:
“Wahai Allah yang menguasai manusia, hilangkanlah kesakitan! Engkaulah yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, sembuhkanlah dengan kesembuhan sempurna tanpa meninggalkan rasa sakit."
أذهب البأس ربّ الناس، بيدك الشفاء، ولا كاشف له إلّا أنت يا ربّ العالمين، آمين
Artinya:
“Wahai Allah yang menguasai manusia, hilangkanlah kesakitan!  Dengan kekuasaan-Mu, tiada yang bisa menyingkap rasa sakit kecuali Engkau. Wahai Tuhan semesta alam, amiin.

اللهمّ إنّي أسألك من عظيم لطفك وكرمك وسترك الجميل أن تشفيه وتمدّه بالصحّة والعافية
Artinya:
"Ya Allah, aku memohon dari agungnya kelembutan-Mu, kemuliaan-Mu, dan naungan-Mu yang indah, mohon kesembuhan untuknya dan panjangkan usianya dalam sehat wal afiyyah"

اللهمّ لا ملجأ ولا منجا منك إلّا إليك إنّك على كلّ شيءٍ قدير
Artinya:
"Ya Allah, tiada tempat berlindung dan bernaung dari-Mu kecuali pada-Mu. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu"
ربّي إنّي مسّني الضرّ وأنت أرحم الرّاحمين
Artinya:
"Bahwasanya aku telah ditimpa bencana, Engkaulah Tuhan yang paling penyayang diantara penyayang"

اللهمّ ألبسه ثوب الصحّة والعافية عاجلاً غير آجلاً يا أرحم الرّاحمين
Artinya:
"Ya Allah, kenakanlah ia pakaian kesehatan wa kesembuhan dengan segera tanpa mnunda waktu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih"
اللهمّ اشفه، اللهمّ اشفه، اللهمّ اشفه، اللهمّ آمين
Artinya:
"Ya Allah, sembuhkanlah ia, sembuhkanlah ia, sembuhkanlah ia,Ya Allah kabulkanlah doa"

اللهم ربّ الناس مذهب البأس، اشفه أنت الشّافي لا شافي إلّا أنت
Artinya:
"Ya Allah Tuhan seluruh manusia yang menghilangkan kesakitan, sembuhkanlah dia, Engkau Maha Penyembuh, Tiada penyembuh kecuali Engkau"

 اللهمّ إنّا نسألك بكل اسمٍ لك أن تشفيه
Artinya:
"Ya Allah,kami memohon dengan menyebut seluruh nama-Mu untuk kesembuhannya.."

لا إله إلّا الله الحليم الكريم، لا إله إلّا الله العليّ العظيم، لا إله إلّا الله ربّ السماوات السبع وربّ العرش العظيم، لا إله إلّا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد وهو على كلّ شيءٍ قدير، الحمد لله الّذي لا إله إلّا هو، وهو للحمد أهل وهو على كلّ شيءٍ قدير، وسبحان الله ولا إله إلّا الله والله أكبر، ولا حول ولا قوّة إلا بالله
Artinya:
"Tiada tuhan selain Allah yang maha pemurah lagi Maha Mulia, Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Luhur dan Maha Agung, Tiada tuhan selain Allah tuhan tujuh langit dan arasy yang agung, Tiada tuhan selain Allah yang Maha satu dan tiada sekutu baginya, bagi-Nya kekuasaan, bagi-Nya puji, Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu, maha suci Allah, Tiada tuhan selain Allah, Allah Maha besar, dan tiada daya serta upaya kecuali atas pertolongan Allah."

أسأل الله العظيم ربّ العرش العظيم أن يشفيك، أسأل الله العظيم ربّ العرش العظيم أن يشفيك،أسأل الله العظيم ربّ العرش العظيم أن يشفيك،أسأل الله العظيم ربّ العرش العظيم أن يشفيك،أسأل الله العظيم ربّ العرش العظيم أن يشفيك، أسأل الله العظيم ربّ العرش العظيم أن يشفيك، أسأل الله العظيم ربّ العرش العظيم أن يشفيك
Artinya:
"Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arasy yang agung, semoga Allah menyembuhkanmu. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arasy yang agung, semoga Allah menyembuhkanmu. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arasy yang agung, semoga Allah menyembuhkanmu. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arasy yang agung, semoga Allah menyembuhkanmu. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arasy yang agung, semoga Allah menyembuhkanmu. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arasy yang agung, semoga Allah menyembuhkanmu. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Penguasa Arasy yang agung, semoga Allah menyembuhkanmu."
اللهم اشفه شفاءً ليس بعده سقما أبداً، اللهمّ خذ بيده، اللهمّ احرسه بعينيك الّتي لا تنام، واكفه بركنك الّذي لا يرام، واحفظه بعزّك الّذي لا يضام، واكلأه في الليل وفي النّهار، وارحمه بقدرتك عليه، أنت ثقته ورجائه يا كاشف الهم، يا مفرج الكرب، يا مجيب دعوة المضطرّين
Ya Allah, sembuhkanlah ia dengan kesembuhan yang setelahnya tiada kesakitan selamanya. Ya allah genggamlah tangannya, Ya Allah jagalah ia dengan pengawasan-Mu yang tiada pernah tidur, cukupkanlah ia dengan kekuatan-Mu yang tiada pudar, jagalah ia dengan kemuliaan-Mu yang tiada merugikan, kasihilah ia dengan kuasa-Mu, Engkaulah kepercayaannya, harapannya. Wahai dzat yang menyingkap kesulitan, wahai Dzat yang membedah kegundahan, Wahai Dzat yang Maha Menjawab seruannya orang yang dalam kesulitan..
***

Rifqi Marzooqie
Next article Next Post
Previous article Previous Post