Kapan Laki-laki dan Perempuan Disebut Baligh?

author photo
Kapan Laki-laki dan Perempuan Disebut Baligh?

Dakwah.web.id - Setiap manusia yang tumbuh pasti mengalami berbagai perubahan. Baik perubahan secara fisik maupun perubaan secara mental. Hal ini wajar karena perubahan memang sudah menjadi fitrah makhluk yang hidup.

Diantara perubahan yang terjadi pada manusia adalah perubahan menuju kedewasaan. Yakni kedewasaan seseorang dari segi kesiapan seksualitas serta kaitannya dengan tuntutan beragama. Maksud dewasa disini adalah balighnya seorang anak dalam pandangan agama.

Dalam agama islam ditentukan bahwa kriteria seseorang dibebani tuntutan (taklif) untuk melaksanakan ibadah adalah salah satunya telah mencapai baligh. Oleh sebab itu, mengetahui terhadap baligh atau tidaknya seseorang (anak) sangat penting difahami. Hal ini karena setelah seseorang baligh disertai dengan akal yang sehat, maka ia akan mendapatkan tanggungan dalam kehidupannya ditinjau dari perspektif agama.

Misal, sebelum baligh, seorang anak belum mendapat tanggungan kewajiban melaksanakan shalat. Amal ibadahnya belum diperhitungkan meski pendidikan dan bimbingan mesti terus kita terapkan sejak dini. Namun ketika ia sudah baligh dan berakal sehat maka ia sudah mendapat tanggungan untuk melaksanakan kewajiban. Apabila ia meninggalkannya maka ia berdosa. Sebab segala tuntutan agama sudah berlaku baginya.

Pertanyaan
Kapan laki-laki atau perempuan disebut baligh?

Pembahasan
Berikut ini adalah kutipan dari kitab Safinah An-Naja:

ﻓَﺼْﻞٌ : ﻋَﻼَﻣَﺎﺕُ ﺍﻟْﺒُﻠُﻮْﻍِ ﺛَﻼَﺙٌ ﺗَﻤَﺎﻡُ ﺧَﻤْﺲَ ﻋَﺸْﺮَﺓَ ﺳَﻨَﺔً ﻓِﻲْ ﺍﻟﺬَّﻛّﺮِ ﻭَﺍﻷُﻧْﺜَﻰ ﻭَﺍﻻﺣْﺘِﻼَﻡُ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺬَّﻛَﺮِ ﻭَﺍﻷُﻧْﺜَﻰ ﻟِﺘِﺴْﻊِ ﺳِﻨِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﺤَﻴْﺾُ ﻓِﻲْ ﺍﻷُﻧْﺜَﻰ ﻟِﺘِﺴْﻊِ ﺳِﻨِﻴْﻦَ

Terjemahan
[Pasal] Tanda-tanda baligh itu ada 3 :
1. Genap berusia 15 tahun bagi laki-laki maupun perempuan
2. Mimpi basah, baik bagi laki-laki maupun perempuan
3. Haid bagi perempuan yang telah berumur 9 tahun.

Untuk penjelasan lengkapnya silahkan ikuti tautan berikut: link

Tulisan ini memiliki 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post